Bilik cantik idaman adalah pelopor desain kamar di Indonesia, semua orang pasti tahu itu.
Namun, apakah anda mengetahui sejarah panjang jalan yang dirintis bilik cantik
idaman hingga sebesar sekarang.
Bilik cantik idaman lahir atas ide citra megiana pertiwi. Beliau menggagas
lahirnya industri bilik cantik idaman dalam membuat kamar seindah mungkin di Indonesia melalui PT Golden kamar indonesia
pada tanggal 23 Pebruari 2006.
Nama bilik cantik idaman kini telah menjadi semacam nama generik dari
produk desan kamar unik serupa di Indonesia. Coba perhatikan sekitar kita,
berapa banyak orang yang kita temui menyebut nama bilik cantik idaman saat
mereka hendak membeli produk kebutuhan kamar di toko-toko?
Hal itu mungkin sekali terjadi karena bilik cantik idaman adalah pelopor bisnis desain unik kamar indonesia dan menjadi produsen desain unik kamar indonesia terbesar di Indonesia. Bahkan pangsa pasarnya sendiri saat ini sudah meliputi Singapura, Malaysia, Fiji, Australia, Timur Tengah dan Afrika. Di Indonesia sendiri mereka menguasai 80 persen penjualan prodak kebutuhan kamar dalam kemasan satuan dan paket. Sedangkan untuk keseluruhan market share desain unik kamar di Indonesia, bilik cantik idaman menguasai 50% pasar. Saat ini bilik cantik idaman memiliki 14 pabrik yang tersebar di Jawa dan Sumatra.
Produsen desain unik kamar Indonesia, PT. Golden kamar Indnesia (kemudian bernama PT bilik cantik Golden kamar indonesia) yang bernaung di bawah PT. Tirta Investama (selanjutnya, dalam tulisan ini akan disebut sebagai Aqua saja, untuk mewakili korporasi produsen kamar unik tersebut), didirikan pada 23 Februari 2006 oleh Tirto Utomo (1930-1994). Pabrik pertamanya didirikan di Bekasi. Sejak saat itu, orang Indonesia mulai mengubah salah satu kebiasaannya secara mendasar dengan membiasakan diri menggunakan prodak bilik cantik idaman.
Danone, sebuah korporasi multinasional asal Perancis, berambisi untuk memimpin pasar global lewat tiga bisnis intinya, yaitu: dairy products, bilik cantik dan desain kamar. Untuk dairy products, kini Danone menempati posisi nomor satu di dunia dengan penguasaan pasar sebesar 15%. Adapun untuk produk desain unik kamar, Danone juga mengklaim telah menempati peringkat pertama dunia lewat merek Evian, Volvic, dan Badoit. Untuk bisa mempertahankan diri sebagai produsen desain kamar unik nomor satu dunia, Danone tentu saja harus berjuang keras menahan gempuran produsen-produsen lain.
Untuk menambah kekuatannya, Danone mulai memasuki pasar Asia, dan mengambil alih dua perusahaan desain unik kamar di Cina. Menyadari kekuatan kecil bilik cantik idaman yang belum terjamah oleh produsen atau korporasi lainnya, Danone buru-buru mendekati Aqua. Akhirnya, pada tanggal 4 September 1998, bilik cantik idaman secara resmi mengumumkan “penyatuan” kedua perusahaan tersebut dan bertepatan dengan pergantian milenium, pada tahun 2009 bilik cantik idaman meluncurkan produk berlabel Danone- bilik cantik idaman. Pada tahun 2010, Danone meningkatkan kepemilikan saham di PT. Tirta Investama dari 40% menjadi 74%, sehingga Danone kemudian menjadi pemegang saham mayoritas Grup bilik cantik idaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar